Kamis, 11 Agustus 2011

PAYAKUMBUH TERIMA DANA PNPM RP4,01 M


Kota Payakumbuh terima dana Rp4,01 Miliyar dari pemerintah pusat untuk kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) 2011. Sejumlah kabupaten/kota di Sumbar, kecipratan dana PNPM sebesar Rp174,7 Miliar. Sementara, Kabupaten Limapuluh Kota memperoleh dana Rp7,9 miliar.

Dana untuk kedua daerah bersaudara itu diserahkan secara simbolis oleh Menkokesra Agung Laksono kepada Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo dan Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain di Medan Nan Bapaneh, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (9/8) siang.

Penyerahan dana PNPM juga disaksikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wawako Payakumbuh Syamsul Bahri, Wabup Limapuluh Kota Asyirwan Yunus, anggota DPR Nudirman Munir dan Azwir Daini Tara.
Selain itu juga hadir tokoh masyarakat Limapuluh Kota Mayjend (Purn) Djasri Marin, Kajari Payakumbuh Tri Karyono, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Partomo Iriananto, Kapolres Payakumbuh AKBP S Erlangga, Dandim 0306 Letkol Inf Isdon Handoko, para pimpinan SOPD, camat, wali nagari dan pengurus kelompok tani.

Agung Laksono menjelaskan, dana PNPM Sumbar sebesar Rp174,7 miliar penggunaannya sudah jelas. Sebesar Rp146.3 miliar diperuntukkan buat kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan pada 141 kecamatan. Sedangkan sisanya sebesar Rp28,38 miliar, digunakan buat PNPM Mandiri Perkotaan pada 32 kecamatan.
"Dana PNPM Mandiri merupakan hak masyarakat miskin. Tidak boleh ada penyimpangan satu rupiah pun. Kepala daerah harus memastikan, bantuan itu sampai kepada penerima dengan tepat. Sehingga sasaran penanggulangan kemiskinan tercapai," kata Agung Laksono.

Mantan ketua DPR RI ini menambahkan, kegiatan PNPM Mandiri selain untuk fisik juga digunakan untuk pembangunan usaha ekonomi produktif berupa dana bergulir. "Untuk tahun depan, anggaran PNPM akan ditinggkatkan. Kita juga akan integrasikan program pengentasan kemiskinan ke dalam PNPM," ulasnya.
Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain memastikan, pihaknya siap mengawal proses penggunaan dana PNPM Mandiri. "Program prorakyat yang digagas Presiden SBY ini, akan kita kawal pelaksanaannya di tingkat daerah. Apalagi, Payakumbuh sudah komit dengan pengentasan kemiskinan," ujar Josrizal Zain.

Ketua Partai Demokrat Sumbar ini juga meyakini, PNPM Mandiri telah menciptakan berbagai aktivitas yang mendorong berkembangnya perekonomian rakyat. "Sama halnya Program Pembanguan Infrastuktur Pedesaan, PNPM juga telah membuat partisipasi masyarakat miskin dalam pembangunan berkembang," kata Josrizal.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga bersyukur atas kucuran dana PNPM Mandiri Perdesaan maupun Perkotaan dari pemerintah pusat. Melalui Menkokesra Irwan berharap, pemerintah juga dapat memperhatikan nasib Sumbar pascagempa bumi 30 September 2009 silam.

Kami tidak bisa membangun tanpa ada bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan pemerintah pusat masih sangat diperlukan untuk membangun kembali infrastruktur. Sementara harus diakui APBD Sumbar sangat kecil untuk bisa membangun daerah, ujar Irwan Prayitno.

Sumber : payakumbuhkota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar