Rabu, 17 Agustus 2011

ANAK NAGARI LAMPASI MINTA JALAN BARU JADI SKALA PRIORITAS 2012

Anak Nagari Lampasi, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), berharap, rencana pembangunan jalan baru dan jembatan yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Latina, akhir Februari 2011, mendapat skala prioritas dalam perencanaan pembangunan Kota Payakumbuh, 2012. Pembukaan jalan baru dan jembatan itu, dinilai, punya dampak ekonomi dan mempermudah akses seluruh kelurahan di kenagarian setempat.
Camat Latina Mardius, S.Sos, di Balaikota Payakumbuh, Selasa (15/3), menginformasikan, pembukaan jalan baru dan jembatan itu, berlokasi di tiga kelurahan. Yaitu di Kelurahan Sungai Durian, sepanjang 1.500 meter dengan lebar badan jalan 6 meter. Jalan yang diusulkan, melingkar dalam kelurahan setempat.

Kemudian di Kelurahan Kotopanjang Dalam, sepanjang 1.000 meter dengan lebar badan jalan 6 meter. Jalan ini akan menghubungkan Nagari Lampasi dengan Nagari Piobang, Kabupaten Limopuluah Kota. Selain jalan, keputusan Musrenbang Kecamatan, juga mengusulkan penggantian jembatan gantung dengan jembatan beton. Sehingga, akses transportasi di kedua nagari bertetangga itu makin lancar. Apalagi, di Nagari Piobang, sawah milik anak nagari Lampasi, cukup banyak, mencapai 85 hektar.

Satu ruas jalan baru lagi yang diminta warga, di Kelurahan Padang Sikabu menuju Kelurahan Padang Datar sepanjang 1.000 meter dengan lebar badan jalan 6 meter. Semua lahan yang terpakai buat ketiga jalan baru itu, dikatakan camat, sudah disepakati warga untuk diserahkan tanpa biaya ganti rugi. “Kita jamin, warga tak akan meminta ganti rugi buat pembangunan jalan baru tersebut,” tegas camat.

Menurut Camat Mardius, untuk memperlancar pembukaan ketiga ruas jalan baru dan jembatan itu, pihak KAN Lampasi bersama LPM kelurahan terkait serta tokoh masyarakat setempat, mengusulkan kepada pemko, agar pekerjaannya dilakukan lewat kegiatan TNI Manunggal Membangun Pedesaan (TMMD) 2012. Meski belum final, rencana kegiatan TMMD itu, sudah dijajaki pihak Kodim 0306/50 Kota. Pekan lalu, Dandim Letkol Inf. Isdon Handoko, didampingi Ketua DPRD Wilman Singkuan, S.Sos, Dan Ramil 01 Kapten Sunarko, sudah turun ke lapangan,” jelas camat. 

sumber : payakumbuhkota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar