Sabtu, 20 Agustus 2011

PAWAI HUT RI DIGANTI DG PAWAI BUDAYA SUMBAR

Warga Kota Tak Perlu Kecil Hati.

Warga kota Payakumbuh tidak perlu kecil hati, tidak digelarnya pawai pembangunan dan pawai alegoris dalam perayaan HUT RI ke-66 di Payakumbuh. Biasanya, setiap tanggal 18 Agustus, warga Luak Limopuluah, bakal mendapat hiburan spetakuler berupa pawai. Tapi, sejak dua tahun terakhir, pawai dimaksud urung terlaksana, karena HUT Kemerdekaan bertepatan dengan puasa Ramadhan.

Keterangan Sekdako Payakumbuh H. Irwandi, SH, di Balaikota Payakumbuh, Jum’at (19/8), kekecewaan warga itu akan diobati dengan pawai budaya tingkat Sumatera Barat. Pasalnya, Payakumbuh selama sepekan, mulai 11 sampai 17 September 2011, akan menjadi pusat perhatian, sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Budaya Sumatera Barat. Salah satu iven yang cukup kolosal, berupa penampilan pawai budaya, diikuti seluruh kota/kabupaten peserta.

Pawai budaya dimaksudkan dirancang lebih meriah. Seluruh daerah di Ranah Bundo Kanduang ini, akan menampilkan semua budaya yang dimiliki. Warga Luak Limo Puluah serta tamu yang datang ke Payakumbuh, bakal menikmati dan terhibur melihat barisan pawai budaya, sebagai cerminan budaya Minangkabau. Rute pawai tersebut, direncanakan, bergerak dari GOR Kubu Gadang menuju Labuh Basilang, Jalan A.Yani, Jalan Sudirman, dan finis di simpang Benteng.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, mengatakan, persiapan pekan budaya tersebut, meski puasa Ramadhan, terus berjalan sebagaimana mestinya. Payakumbuh sebagai tuan rumah, sudah menyiapkan tim kesenian dan budaya, guna menghadapi berbagai iven yang akan dilaksanakan.

Lokasi Pekan Budaya Sumbar itu, terpusat di GOR Kubu Gadang. Sejumlah iven yang akan diadakan, dalam rangka memeriahkan pekan budaya, yaitu pameran budaya, pameran seni rupa, pameran produk unggulan daerah yang berbau budaya. Kegiatan budaya lainnya, berupa festival saluang, randai, gamad, gambus serta kesenian tradisional lainnya.

Berikutnya, lomba-lomba pakaian adat, tari kreasi minang, baju kurung dan cedas cermat budaya. Pembukaan Pekan Budaya akan dilakukan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Sejumlah tokoh perantau di perantauan, diinformasikan bakal turut hadir dalam acara pembukaan pekan budaya nanti. 

sumber : payakumbuhkota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar