Jumat, 09 September 2011

WHO BAKAL BANTU PEDAGANG KULINER

sumber : padangekspres.co.id   Berita Kesehatan • Sabtu, 06/08/2011


Organisasi kesehatan dunia atau lebih dikenal dengan sebutan World Health Organization alias WHO, prihatin melihat kondisi gerobak dan tenda yang dipakai para pedagang kaki lima di pasar Payakumbuh.

Bersama Kemenkes RI, WHO meminta pemko Payakumbuh mengajukan proposal, pembuatan gerobak dan tenda seragam untuk pedagang kaki lima. “WHO minta, sebelum Lebaran proposal itu sudah sampai di Jakarta,” kata Kadis Kesehatan Payakumbuh Merry Yuliesday kepada wartawan, Jumat (5/8).

Merry mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UKM Industri Perdagangan dan  Dinas PU Payakumbuh, untuk menyusun perencanaan teknis, guna memenuhi permintaan  WHO dan Kemenkes, di bawah koordinator Asisten II Setdako Yanuar.

Menurut Merry, setelah staf WHO dan Kemenkes beberapa kali berkunjung ke kota itu,  direkomendasi kedua badan kesehatan itu, kuliner malam Payakumbuh  salah satu pusat jajanan serba ada terbaik di Asia Tenggara. “Tinggal lagi, bagaimana menata pedagang, agar mempunyai  fasilitas gerobak dan tenda buat pengunjung yang lebih  indah. Tidak serabutan seperti sekarang ini, beragam antara satu pedagang dengan pedagang lainnya,” ujar Merry Yuliesday.

Masih terkait dengan kuliner malam Payakumbuh, Wagub Sumbar Muslim Kasim ketika berkunjung  Rabu (3/8) malam, sempat menikmati sejumlah menu yang dijual pedagang. Meski sempat terganggu anak punk, namun Muslim cukup menikmati menu pedagang.

Wawako Syamsul  Bahri dan Sekko Irwandi, juga berharap,  agar  pemprov ikut memberikan bantuan dalam penataan kuliner di kota ini. Pasalnya, WHO dan Kemenkes RI, baru menjanjikan sepuluh dari 300-an  pedagang  yang akan  diberi bantuan. (frv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar