Rabu, 07 September 2011

Pekan Budaya Sumbar Bakal Dibuka Jero Wacik

sumber : http://payakumbuhkota.go.id/  07 September 2011


Menteri Budaya dan Pariwisata Jero Wacik, direncanakan bakal hadir di Payakumbuh, untuk membuka Pekan Budaya Sumatera Barat, Minggu (11/9). Selama sepakan, hingga 17 September mendatang, Kota Batiah akan menjadi pusat perhatian warga Sumatera Barat dan para perantau. Selama sepekan itu, berbagai ragam budaya dan iven penunjang lainnya akan ditampilkan di pusat kegiatan, di GOR Kubu Gadang Payakumbuh. Dalam acara pembukaan ini, juga akan hadir sejumlah tokoh perantau Minang, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serta petinggi Sumbar lainnya.

Walikota Payakumbuh H. Josrizal Zain dan Wakil Walikota H. Syamsul Bahri, meminta panitia lokal, terlibat aktif menyiapkan iven kebanggaan warga Ranah Minang ini. Meski alek ini merupakan tanggung jawab Pemrop Sumatera Barat, tapi seluruh jajaran pemko harus punya rasa memiliki untuk menyukseskan Pekan Budaya tersebut. “Kita harus memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta dan tamu yang datang ke Payakumbuh,” tegas walikota.

Sekdako Payakumbuh H. Irwandi, SH, ketika memimpin rapat persiapan Pekan Budaya dengan panitia provinsi di Balaikota Payakumbuh, Selasa (6/9), mengatakan, peresmian Pekan Budaya itu tetap akan dilakukan Menteri Jero Wacik. “Hingga sekarang, masih tetap Menteri Budaya Pariwisata Jero Wacik yang akan meresmikannya,” ucap Sekdako.

Sekdako mengajak warga kota untuk menyukseskan kegiatan Pekan Budaya itu, dengan memberikan pelayanan yang baik kepada peserta dan tamu yang datang. Keramahtamahan warga, bakal berdampak positif terhadap dunia pariwisata Payakumbuh ke depan. “Kita lihatkan, warga Payakumbuh adalah warga yang berbudaya Minangkabau,” ucapnya.

Pembukaan Pekan Budaya akan dimeriahkan dengan pawai budaya, yang akan dirancang lebih meriah. Seluruh daerah di Ranah Bundo Kanduang ini, akan menampilkan selmua budaya yang dimiliki. Warga Luak Limo Puluah serta tamu yang datang ke Payakumbuh, bakal menikmati dan terhibur melihat barisan pawai budaya, sebagai cerminan budaya Minangkabau. Rute pawai tersebut, direncanakan, bergerak dari GOR Kubu Gadang menuju Labuh Basilang, Jalan A.Yani, Jalan Sudirman, dan finis di simpang Benteng.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, mengatakan, persiapan pekan budaya tersebut, sudah dimulai dengan pemasangan tenda buat peserta pameran di Kubu Gadang, sejak Senin kemarin. Payakumbuh sebagai tuan rumah, dikatakan, juga sudah menyiapkan tim kesenian dan budaya, guna menghadapi berbagai iven yang akan dilaksanakan.

Lokasi Pekan Budaya Sumbar itu, terpusat di GOR Kubu Gadang. Sejumlah iven yang akan diadakan, dalam rangka memeriahkan pekan budaya, yaitu pameran budaya, pameran seni rupa, pameran produk unggulan daerah yang berbau dengan budaya. Kegiatan lainnya, berupa festival saluang, randai, gamad, gambus serta kesenian tradisional lainnya. Berikutnya, lomba-lomba pakaian adat, tari kreasi minang, baju kurung dan cedas cermat budaya. 


http://payakumbuhtimur.blogspot.com/  
http://payakumbuhutara.blogspot.com/  
http://payakumbuhselatan.blogspot.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar