Rabu, 14 September 2011

Korban Puting Beliung Terus Bertambah

sumber : Padang Ekspres • Berita Peristiwa • Selasa, 13/09/2011


Pengurus Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat Payakumbuh, sama-sama menyalurkan bantuan untuk korban bencana puting-beliung di Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (12/9). Siapa mau menyusul?

Bantuan dari PAN diantar ketuanya Chandra Setipon bersama sekretaris Masrul Malik, wakil ketua Desfen Alweri dan Daryono, wakil sekretaris Ismail MY dan Syafrudin, serta anggota Fraksi PAN asal Payobasuang, Hurisna Jamhur.

Selain itu juga hadir empat ketua dewan pimpinan cabang PAN. Mereka, Edwin Rozario dan Bambang Safari (Payakumbuh Timur), Alnoferi Datuak Rajo Mangkuto (Payakumbuh Utara),  M Yusuf (Lamposi Tigo Nagari), dan Bobby K Busra (Payakumbuh Barat).

“PAN prihatin dengan musibah hujan es disertai angin puting-beliung yang terjadi pada 5 kelurahan di Payakumbuh Timur. Makanya, Ketua DPW PAN Sumbar M Asli Chaidir, langsung meminta kami menyerahkan bantuan Rp5 juta,” ujar Chandra.

Adapun bantuan dari Partai Demokrat Payakumbuh, diserahkan ketuanya Wilman Singkuan Datuak Parpatiah, bersama kader Partai Demokrat di DPRD  Efri “Abang” dan Syaiful Anwar.

Di samping mereka juga datang sejumlah pengurus Partai Demokrat. Di antaranya, Aswita, Neneng Suryati Ningsih, Djasnimar Djuragan Model, Novi Metrina, Riri Wilson, dan Djun Ja’afar.

“DPC Partai Demokrat prihatin dan peduli, dengan musibah puting-beliung. Setelah berkoordinasi dengan ketua DPD Partai Demokrat terpilih Pak Josrizal Zain dan fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar, kami sepakat menyerahkan bantuan Rp5 juta,” ujar Wilman.

Selain itu, juga datang bantuan dari anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD. Awalnya, fraksi membantu Rp1,5 juta. Namun saat penyerahan, Wilman mengeluarkan kocek dari sakunya Rp1 juta, sehingga menjadi Rp2,45 juta.

Dengan demikian,  total bantuan dari Partai Demokrat Payakumbuh menjadi Rp7,5 juta. “Ini baru tahap awal. Setelah ini, DPD dan DPP Partai Demokrat Sumbar bisa jadi juga menyerahkan bantuan untuk korban puting-beliung,” kata Wilman.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasuang Wirianto Datuak Paduko Basa Marajo yang mewakili korban puting-beliung mengapresiasi kepedulian PAN dan Partai Demokrat.

“PAN dan Partai Demokrat, pihak pertama yang menyerahkan bantuan berupa uang, untuk puting-beliung. KAN Payobasuang salut dengan kepedulian kedua partai politik ini,” ujar Wirianto yang juga pengurus KONI Limapuluh Kota.

Camat Payakumbuh Timur Dafrul Pasi saat menerima bantuan juga menyampaikan terima kasih. Menurut Dafrul Pasi, kerugian akibat hujan es disertai puting-beliung di wilayahnya, kini terus bertambah.

“Jika sebelumnya bangunan yang rusak akibat puting-beliung baru mencapai 108 unit, maka kini menjadi 128 unit bangunan. Rinciannya, rumah 97 unit, pondok batu-bata 9 unit, bengkel 3 unit, ricemilling 2 unit, kandang ayam potong 2 unit, dan pabrik kertas telur 1 unit,” jelasnya.

Kepala Dinsosnakertrans Payakumbuh Adrian yang hadir saat penyerahan bantuan mengatakan, pihaknya juga telah menerima bantuan tanggap darurat dari BPBD Sumbar.

Sedangkan nilai kerugian akibat puting-beliung masih dalam pendataan Dinas PU Payakumbuh. “Karena kita tak punya kompetensi, maka pendataaan rumah rusak akibat puting beliung dilakukan Dinas PU. Kita masih menunggu,” ujar Dafrul. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar